Sunday, May 26, 2013

Menerima Masa lalu


Setiap orang pasti memiliki masa lalu, entah itu kelam atau indah. Hal itu juga berlaku bagi anda dan pasangan. Mungkin anda dan pasangan anda pasti memiliki masa lalu yang kurang mengenakkan tetapi anda memilih untuk melupakan saja.

Memang sebenarnya masa lalu buruk lebih baik ditinggalkan jauh di belakang. Tetapi tidak semua masa lalu yang bagus juga diceritakan bersama pasangan anda karena akan berakibat yang tidak baik bagi hubungan anda berdua.

Namun jika anda merupakan korban kekerasan fisik, seksual, emosi di masa lalu maka anda harus mengutarakannya pada pasangan sehingga dia dapat membantu anda mengatasi semua kekecewaan di masa lalu. Tetapi perlu juga dipertimbangkan apakah kalian berdua siap dengan masa lalu pasangan tersebut.

Jujurlah dengan pasangan mengenai masa lalu baik sikap, pacar lama ataupun hal lainnya. Tetapi yakinkanlah pasangan anda bahwa dia juga harus menerima segala kesalahan yang telah anda perbuat di masa lalu dan melupakannya. Jika anda secara tidak sengaja mengatakan bagaimana hebatnya mantan pacar, pastikan untuk segera mengoreksinya dengan mengatakan bahwa pasangan anda lebih hebat dari mantan pacar yang lalu. Sehingga pasangan anda tidak merasa tersinggung dan katakan bahwa anda akan lebih memilihnya menjadi pasangan seumur hidup anda. Untuk itu anda harus memperhatikan beberapa hal dalam menyikapi masa lalu anda.

Masa lalu adalah pelajaran untuk masa kini. Memang kedengarannya sangat mudah tetapi jika anda sudah terbawa emosi dalam mengutarakan masa lalu, mungkin saja anda akan membandingkan keadaan sekarang dengan masa lalu yang lebih baik dari sekarang. Jadi bila anda akan mengutarakan masa lalu, lebih baik pertimbangkan dulu apakah dengan mengetahui hal tersebut akan membuat hubungan lebih baik atau sebaliknya.

Bersyukurlah atas kehidupan yang sekarang. Bila anda termasuk orang yang sering mengutarakan masa lalu padahal keadaan anda sekarang lebih baik. Hal ini sering dilakukan karena merasa tidak atau kurang bersyukur atas keadaannya saat ini. Jadi cobalah anda untuk fokus pada keadaan saat ini sehingga anda dapat melihat betapa beruntungnya anda memiliki pasangan yang mendampingi anda saat ini.

Jika menceritakan masa lalu akan meningkatkan kualitas cinta anda berdua maka ceritakanlah. Tetapi apabila akan memperburuk hubungan atau tidak berpengaruh sama sekali terhadap hubungan anda berdua maka lebih baik tidak anda utarakan. Karena masa lalu hanyalah salah satu sejarah anda saja.

Masa lalu anda menjadi bagian dari kehidupan anda saat ini ? Bila masa lalu tersebut memberikan manfaat bagi masa depan anda berdua maka akan lebih baik diutarakan agar dapat mempererat tali kasih diantara anda berdua. Tetapi bila anda tidak ingin masa lalu bagian dalam kehidupan anda maka biarkanlah masa lalu menjadi milik masa lalu semata.

(T_T) awalnya memang sulit menerima masa lalu, tapi percayalah bahwa cinta itu adalah masa depan, bukan masa lalu.

0 comments:

Post a Comment